Jumat, 15 Januari 2010

PERAN GURU DALAM ISLAM

PERAN GURU DALAM ISLAM

Dalam mendalami agama islam , peran seorang guru itu adalah mutlak . ilmu agama islam itu sangat luas, sehingga hidup kita ini tidak akan cukup untuk mempelajari agama islam. Dan dalam beribadah kepada Allah, Dia pun sebenarnya tidak menuntut hambanya untuk melakukan semua yang diperintahkan-Nya. Kesulitan kita dalam memilih ibadah mana yang cocok dan diterima oleh Allah adalah hal yang sangat sulit. Kita tidak tahu bahwa ibadah yang kita lakukan telah diterima atau ditolak oleh-Nya. Kebanyakan manusia dalam menjalankan ibadah tidak berdasarkan petunjuk dan bimbingan seorang Guru , sehingga ibadah yang dilakukan akan sia-sia dan mereka kebanyakan akan putus asa . hal ini banyak kita temui di masyarakat , bagaimana orang yang cenderung menyalahkan Allah dan lingkungan atas penderitaan dan kesulitan hidup yang dia alami. Banyaknya orang yang putus asa dan malah lari dari ajaran islam. Dan bagaimana manusia dengan gampangnya bunuh diri dengan berbagai alasan dan cara. Hal ini menunjukkan bahwa mereka dalam menjalankan agama islam tanpa bimbingan seorang guru yang benar dan kuat dalam keyakinan.

Allah menurunkan Al-quran lengkap dengan Peraga nya.
Sewaktu Allah menurunkan Al-quran kemuka bumi ini,Allahpun langsung menurunkan PERAGA nya. Dalam hal ini , peraga dalam Al-quran adalah Nabi Muhammad S.A.W. Dan semua tindakan , ucapan,serta petunjuk nabi harus kita ikuti dan itu biasa kita sebut dengan Hadish Nabi. sehingga ada pendapat dari sebagian ulama bahwa nabi Muhammad S.A.W adalah Al-quran berjalan. Dan di jaman sekarangpun sebenarnya peraga itu tetap ada yaitu Guru yang benar atau biasa di sebut guru Khusus atau biasa juga disebut dengan guru yang mursyid. Guru khusus ini bisa seorang kyai, tapi juga bisa datang dari orang ‘biasa’ yang tidak kita duga-duga.

Carilah Guru Khusus itu!!
Persoalan kita sekarang , dalam menjalani islam kita sangat sulit mencari Peraga tersebut, dia tersembunyi dan tidak memperlihatkan diri seperti halnya para Nabi. Sehingga kita lihat saat ini, bagaimana umat islam binggung mana kyai atau ustadz atau orang yang bisa dijadikan peraga dalam menjalankan ibadah kepada Allah. Ada kyai atau ustadz yang awal kemunculannya sangat kita kagumi dan kita ikuti petunjuknya, tapi dalam perjalannya kita malah bosan dan meninggalkan dia , karena ucapan yang begitu banyak keluar dari mulutnya, tapi bukannya menenangkan hati tapi malah membuat hati gelisah. Belum lagi prilaku dan tindakannya tidak sesuai dengan ucapan yang dia keluarkan. Tapi yakinlah PERAGA itu ada dan carilah terus…., maka anda akan menemuinya. Dan begitu anda menemuinya ikutilah ajarannya , walaupun nanti ajarannya itu akan bertentangan tapi itulah obat buat hati anda yang gelisah
*Bagaimana ciri guru khusus tersebut??
*Apakah dia bertanggung jawab bukan hanya di dunia tapi juga di akhirat terhadap muridnya??
*Apakah guru khusus ini silsilah langsung dengan Nabi Muhammad SAW???
Hal ini akan saya jawab pada sesi berikutnya……..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar